BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »
Bagi anda yang memiliki artikel / cerita menarik, tulisan - tulisan yang masih berupa konsep dan mau dikembangkan atau berita - berita yang pantas & ingin dimuat di blog ini, silahkan kirimkan tulisan anda ke alamat e-mail : kidkaitou85@gmail.com atau tenkaichi_69@yahoo.com.

Terima kasih telah membaca & jangan lupa komentarnya di setiap tulisan ya...

Iklan Dari Sponsor

| Utama | | BlogRoll |

02 Februari, 2010

Perbedaan Notebook, Laptop, Netbook dan Nettop

Assalamualaikum Wr. Wb.

Akhir – akhir ini banyak orang bingung dengan perbedaan antara Laptop, Notebook, Netbook dan Nettop. Setelah gw cari dari beberapa sumber, akhirnya gw menemukan perbedaan dan asal – usul orang membedakan nama si komputer jinjing ini.

Notebook sebenarnya merupakan “nama asli” dari si komputer jinjing ini, Notebook dikembangkan untuk memenuhui kebutuhan akan komputer yang semakin tinggi dan tingkat mobilitas yang tinggi. Sedangkan Laptop adalah nama lain dari Notebook, kata laptop berasal dari bahasa Inggris “Lap” yang berati pangkuan. Ini merujuk pada pengguna Notebook yang sering menggunakannya dengan cara dipangku / diletakan diatas paha.

Sedangkan Netbook adalah salah satu varian dari Notebook untuk memenuhi kebutuhan akses internet, baik kabel maupun nirkabel. Karena dirancang untuk ber-internet sudah pasti kelengkapan akses yang dimiliki Netbook lebih lengkap dari Notebook. Selain itu bentuk Netbook lebih ringan dan kecil jika dibandingkan Notebook, karena pengguna Netbook biasanya tidak terlalu membutuhkan komputer berspesifikasi tinggi. Untuk sistem operasi, netbook lebih mengandalkan OS ringan seperti Linux dan XP karena keterbatasan sumber daya yang dimiliki.

Selain itu ada juga Nettop. Nettop adalah versi kecil dari sebuah komputer rumah / desktop. Nettop makin banyak digandrungi karena lebih hemat energi & ruang dibandingkan desktop, selain itu nettop juga lebih murah dan simpel. Nettop hanya memakan daya sekitar 170 watt yang berarti hanya "sedikit" diatas Notebook yang memakan daya sekitar 160 watt, tapi Nettop jelas lebih hemat daya dibanding komputer rumah / dektop yang memiliki daya 2 kali lipat dari Nettop. Nettop pertama kali diperkenalkan oleh Intel pada tahun 2007 untuk menggambarkan produk rendah biaya saat meluncurkan Intel Atom yang diberi nama Diamondville. Dengan begini, Nettop memiliki prospek untuk menggantikan Desktop di masa yang akan datang.

Bagaimana penjelasan singkat tentang perbedaan Notebook, Laptop, Netbook dan Nettop, apa anda puas ?. jika ada masukan, saran / kritik silahkan tinggalkan komentar anda di Blog ini. Bagi anda yang mau mengambil artikel ini dipersilahkan, tapi harus / wajib mencantumkan blog ini sebagai sumbernya dan jangan lupa tinggalkan komentar. Terima kasih.

Wassalam. Wr. Wb.
-------------
Jika anda menyukai tulisan ini, silahkan meninggalkan komentar dan klik salah satu link sponsor dibawah ini

0 komentar:

Iklan Dari Sponsor